Pages

Jumat, 09 Juni 2023

Amalan Istimewa di Bulan Dzulhijah


Sahabat, selain bulan suci ramadhan, didalam islam ternyata masih ada beberapa bulan lagi yang termasuk bulan istimewa, diantaranya adalah bulan dzulhijah. 

Diantara keistimewaan yang terdapat di bulan dzulhijah adalah terletak pada 10 hari pertama. Sebagaimana di riwayatkan dalam sebuah hadist riwayat At Tirmizi, bahwasannya Rosulullah SAW pernah bersabda : 

" Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai Allah SWT melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijjah)." Para sahabat bertanya: "Tidak pula jihad di jalan Allah SWT?" Rasulullah SAW menjawab, "Tidak pula jihad di jalan Allah SWT, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun. "

Allah SWT berfirman di dalam Surat Al Fajr ayat 2

" Demi malam - malam yang sepuluh "

Dikutip dari sebuah buku berjudul "Fiqih Qurban Perspektif Madzhab Syaafi'iy" oleh Muhammad Ajib, Lc., MA, Imam Ibnu Katsir menyebutkan, "Dan malam-malam yang sepuluh maksudnya adalah sepuluh (pertama) dari bulan Dzulhijjah, sebagaimana telah dikatakan oleh Ibnu'Abbas, Ibnu Zubair, Mujahid dan selain mereka baik dari kalangan salaf maupun khalaf". 

Sahabat, selain keistimewaan tersebut, ternyata ada pula sebuah hadits yang menjelaskan tentang sebuah amalan kecintaan Allah SWT. Hadits tersebut adalah riwayat Imam Bukhari dari Sayyidina Abdullah ibn'Abbas, Rasulullah SAW bersabda :

"Tidaklah ada hari-hari yang amal shalih di dalamnya lebih Allah cintai dari hari-hari ini (maksudnya sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah).

Sahabat, berikut adalah beberapa amalam yang dapat dilakukan oleh umat islam di bulan dzulhijjah :
1. Puasa
Terdapat puasa sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan pada bulan dzulhijjah, yaitu puasa pada tanggal 9 dan 10 dzulhijjah. Rasulullah SAW pernah bersabda :

"Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR Muslim).

2. Memperbanyak takbir dan dzikir
3. Menunaikan haji dan umroh
4. Melakukan ibadah qurban
5. Memperbanyak taubat
6. Meningkatkan berbagai amal sholeh.
7. Mengerjakan shalat idul adha.

====
Buat para sahabat yang telah membaca artikel ini, barangkali ingin memberikan tambahan sebagai pelengkap, maka dengan senang hati para sahabat sekalian saya persilahkan untuk mengetiknya di kolom komentar. Semoga bermafaat dan menjadi bagian dari amal sholeh bagi kita semua. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar