Rabu, 27 Maret 2013

Hukum Islam Tentang Muamalah

Tujuan pembahsan :
-  Dapat menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam islam
-  Dapat Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam islam
-  Dapat Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari
A.  Asas-asas transaksi Ekonomi dalam Islam
      Asas transaksi ekonomi adalah suatu transaksi yang dilakukan oleh seorang muslim dengan pihak lain berdasarkan kaidah-kaidah agama Islam. Transaksi ekonomi pada prinsipnya, sangat luas cakupannya, dan bermacam-macam bentuknya, namun sepanjang semua transaksi tersebut menganut kepada prinsip-prinsip agama islam, maka trasaksi tersebut dapat dikategorikan sebagai transaksi ekonomi dalam islam.
   Prof. Abu Zahrah, guru besar Fakultas Hukum Universitas Cairo dan Prof. Ahmad Zarqa' mengatakan bahwa ada perbankan Islam dan ada pula perekonomian islam. Perbankan Islam, sebetulnya sudah termasuk kedalam perekonomian islam, sepanjang proses transaksi dan operasionalnya sesuai dengan kaidah-kaidah islam.
      Dalam ajaran islam, terdapat banyak transaksi ekonomi yang dapat dilakukan oleh umat islam. Semua transaksi itu harus tunduk dan menggunakan kaidah-kaidah agama islam, yaitu :
1.  Asas transaksi jual beli
     a.  Pengertian dan hukum jual beli
          Jual beli merupakan suatu perbuatan, di mana salah satu pihak menyerahkan barangnya kepada pihak lain, sedangkan pihak lain menyerahkan sejumlah uang sebagai pengganti harga.
          Pada jdasarnya, hukum jual beli adalah mubah, banhkan sangat dianjurkan oleh islam karena adanya unsur saling membantu antara penjual dan pembeli. Penjual, menjual barangnya karena memerlukan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sebaliknya, pembeli bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan mudah karena ada orang yang menjual barang tersebut. Dalam hal ini Allah SWT Menyatakan kebolehan jual beli dengan firmannya Nya :


B.  Contoh Transaksi Ekonomi dalam Islam
C.  Menerapkan Transaksi Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-hari