Selasa, 26 Maret 2013

Ayat-ayat Al Qur'an tentang Menjaga Kelestarian Hidup

A.  SURAH AR-RUM AYAT 41-42
Surah Ar Rum terdiri atas 60 Ayat, termasuk kedalam golongan surah-surah makkiyah, sebab mayoritas diturunkan dikota Mekkah sesudah  surah Al-Insyiqaq. Dinamakan Ar-Rum karena pada permulaan Surah ini, yakni ayat 2,3 dan 4 membicarakan tentang bangsa romawi yang pada mulanya dikalahkan oleh bangsa Persia, namun setelah beberapa tahun kemudian bangsa romawi kembali dapat menuntut balas kekalahannya dengan mengalahkan bangsa Persia.

Kisah Bangsa Romawi dan bangsa Persia tersebut dibicarakan dalam Al-Qur'an, untuk dijadikan pelajaran berharga dan sekaligus informasi yang benar dari Allah SWT. Untuk kaum muslimin pada waktu itu, bahwa kelak dapat di buktikan ketika peramg badar terjadi, dimana kemenangan berpihak kepada kaum muslimin.

1.  Membaca Surah Ar-Rum ayat 41-42
2.  Terjemahan
"Telah tampak kerusakan di darat dan di laut di sebabkan karena perbuatan tangan manusia , Allah mengkhendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka , agar mereka kembali (kejalan yang benar). Katakanlah (Muhammad):"berpergian lah di bumi lalu lihatlah bagaimana kesudahan orang-orang dahulu. Kebanyakan dari itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah) ."(Q.S. Ar-Rum:41-42)

 3.  Kandungan Ayat
Allah menjelaskan dalam ayat ini, bahwa kerusakan yang terjadi di dunia ini, baik yang ada didarat maupun yang ada dilaut, penyebabnya daalah karena perbuatan manusia. Misalnya bencana banjir yang sering merenggut banyak nyawa manusia dan berbagai kerusakan  harta, disebabkan oleh karena keserakahan sebagian manusia yang menebangi hutan tanpa mengindahkan keseimbangan ekosistem yang ada. Hutan berfungsi sebagai penahan air tanah , jika hutan gundul, maka air yang ada ditanah tidak dapat ditahan lagi , sehingga terjadilah banjir.

Bencana demi bencana yang terjadi merupakan peringatan dari Allah atas keserakahan manusia  yang mengeksploitasi  alam tanpa menjaga ekosistem yang ada. Hal ini dimaksudkan oleh Allah SWT, agar mereka menyadari kesalahannya dan segera kembali kejalan yang benar. Oleh karena itu, hendaknya kita mengambil pelajaran dari umat-umat nabi dan rasul terdahulu yang dihancurkan oleh Allah SWT karena mereka ingkar kepada-Nya, dan selalu berbuat kerusakan diatas bumi ini. Manusia diberi kebebasan oleh Allah SWT untuk memanfaatkan apa yang ada di bumi ini, asal dengan tetap menjaga kelestarian alam.

4.  Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam Al-Qur'an surah Ar-Rum ayat 41-42
a.  Indentifikasi perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam Al-Qur'an surah Ar-Rum ayat 41-42
1.  Perilaku tidak merusak lingkungan
2.  Perilaku menyadari akibat rusaknya lingkungan
3.  Perilaku mengambil pelajaran dari kaum terdahulu yang musnah akibat merusak lingkungan hidupnya sendiri

b.  Menunjukkan perilaku menjaga kelestarian lingkungan  hidup seperti terkandung dalam Al-Qur'an surah Ar-Rum ayat 41-42
1.  Bersikap kasih sayang terhadap semua makhluk Allah, termasuk binatang dan tumbuh-tumbuhan
2.  Tidak membuang sampah sembarangan
3.  Tidak membunuh binatang sembarangan

c.  Mempraktikkan perilakuku menjaga kelestarian lingkungan  hidup seperti terkandung dalam Al-Qur'an surah Ar-Rum ayat 41-42
      Penghayatan terhadap ayat ini hendaknya membentuk pribadi seorang muslim menjadi seorang yang menyadari pentingnya melestarikan alam lingkungan, dan tidak pernah berbuat kerusakan di muka bumi. Apabila ingin melakukan sesuatu. misalnya ingin mendirikan bangunan, maka ia akan mempertimbangkan dengan matang, apakah bangunan yang akan didirikan mengganggu lingkungan atau tidak ? jika tidak, maka rencana membangun diteruskan, ;namun jika akan mengganggu lingkungan dan kelestarian alam, maka niat membangun diurungkan dan dicarikan solusi terbaik bagi semuanya.
        Untuk dapat mempraktikkan perilaku melestarikan lingkungan hidup, hal-hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :
1.  Tanamkan keimanan yang kuat didalam hati, agar tidak mudah terbawa perbuatan setan yang senantiasa ingin berbuat kerusakan.
2.  Tanamkan keyakinan bahwa manusia hidup sangat membutuhkan alam lingkungan, baik flora maupun fauna. Kehadiran dan kelestarian mereka sangat menentukan keselamatan dan kelangsungan hidup manusia.
3.   Tanamkan Keyakinan bahwa merusak alam lingkungan, sama dengan menggali penderitaan untuk diri sendiri dan kehidupan manusia pada umumnya. Sebaliknya bersikap perilaku melestarikan lingkungan, sama dengan menambah kekuatan hidup bagi segenap manusia.
4.   Tanamkan keyakinan bahwa munculnya kerusakan alam lingkungan, semata-mata karena adanya tangan-tangan jahil manusia.
5.   Mulailah bersikap perilaku melestarikan lingkungan hidup sejak sekarang, mulai dari lingkungan rumah, sekolah dan semua lingkungan yang kita lalui.
6.   Selamat mencoba !


B.  SURAH AL A'RAF AYAT 56-58
Surah  al-a'raf terdiri atas 206 ayat,termasuk golongan surah-surah makiyah,diturunkan sebelum surah al-an''am,dan termasuk kedalam golongan tujuh surah yang panjang atau ''as-sab'uthiwal".nama surah ini di ambil dari salah satu kata ''al-a'raf'yang terdapat dalam ayat 46 yang mengemukakan tentang keadaan orang-orang yang berada di atas al-a'raf,yaitu tempat yang tinggi di perbatasan surga dan neraka.

1.  Membaca Surah Al A'raf 56-58

2.  Terjemahan
''Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi,setelah di ciptakan dengan baik.berdoalah kepada-Nya denga rasa takut dan penuh harap.Sesungguhnya rahmat allah sanggat dekat kepada orang-orang yang berbuat  kebaikan. Dan dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); sehingga apabila angin itu telah membawa angin mendung, kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu kami turunkan hujan di daerah itu, kemudian kami tumbuhkan dengan hujan itu berbagai macam buah-buahan. Seperti itulah kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudah kamu mengambil pelajaran. Dan tanah yang baik, tanaman-tanaman tumbuh subur dengan izin Allah Swt; dan tanah yang buruk, tanaman-tanamannya hanya merana. Demikianlah kami menjelaskan berulang-ulang tanda-tanda (kebesaran (Kami)) bagi orang-orang yang bersyukur." (Q.S. Al A'raf : 56-58)

3.   Kandungan Ayat
Allah menjelaskan dalam ayat ini tentang larangan berbuat kerusakan dimuka bumi. kerusakan tersebut dapat terjadi didarat, dilaut, bahkan diudara.

Kerusakan terjadi pada umumnya karena keserakahan manusia-manusia egois yang hanya mementingkan diri sendiri, dan tidak mengindahkan kepentingan orang banyak. akibat yang ditimbulkan, dapat menimbulkan bencana yang merugikan banyak manusia.

Dalam Ayat selanjutnya Allah mengajarkan kepada manusia untuk berdo'a kepada-Nya dengan penuh rasa takut (
C.  Surah Sad Ayat 27